logo batamtoday
Senin, 18 Februari 2019
Banner PKP


Simak 5 Tips Bikin Sayur Panggang yang Lezat
Selasa, 05-02-2019 | 15:52 WIB | Penulis: Redaksi
 
Ilustrasi.  

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Sayur bisa dimanfaatkan untuk beragam masakan. Bahan makanan satu ini terbilang fleksibel untuk diolah dengan cara apa pun, termasuk dipanggang.

Beberapa sayuran kerap disajikan dengan cara dipanggang. Sayuran itu di antaranya kembang kol, wortel, dan kentang.

Namun, perlu diingat, Anda tak perlu menggunakan minyak berlebih agar sayur panggang bisa matang sempurna. Selain cara itu, berikut beberapa trik lain untuk menyajikan sayur panggang yang nikmat.

1. Ruang cukup bagi sayuran
Demi menghemat waktu pemanggangan, terkadang beberapa orang menaruh semua sayuran dalam satu wadah dan membuatnya tampak berdesakan. Namun, cara ini perlu dihindari.

Sayuran yang tidak memiliki ruang hanya akan mengalami proses pemanasan daripada proses karamelisasi. Hasilnya, sayuran akan terlihat lemas dan tak memiliki rasa. Triknya, pastikan ruang yang cukup untuk sayuran bernapas. Tata dalam satu lapisan.

2. Temperatur tinggi
Temperatur rendah dan waktu pemanggangan yang lama memang baik untuk beberapa jenis sayuran seperti wortel atau kentang. Teknik ini biasanya akan menghasilkan sayuran sebagai bahan sup dengan tekstur yang lembut dan lembek.

Namun, bukan berarti temperatur tinggi dilarang saat pemanggangan. Mengutip Food Beast, Anda bisa menaikkan temperatur hingga 204-218 derajat Celcius. Temperatur tinggi akan melepas rasa manis alami sayuran dan memberikan tekstur renyah.

3. Potong dengan ukuran sama
Masalah saat memanggang sayur terletak pada panggangan yang belum merata. Sayur yang berukuran kecil tampak cepat matang, bahkan gosong.

Agar sayuran matang merata, sebaiknya potong sayur dengan ukuran sama. Ini perlu dilakukan, apalagi jika Anda berencana memanggang beragam jenis sayuran dalam satu wadah.

4. Aduk dengan minyak
Sebelum diletakkan pada wadah panggang, taruh sayur terlebih dahulu pada mangkuk. Kemudian, tuang satu sendok minyak dan aduk hingga sayur benar-benar terlumuri minyak. Jika dirasa kurang, Anda bisa menambahkan satu sendok lagi.

Selanjutnya, Anda bisa memindahkan sayuran pada wadah panggang dengan tangan. Jangan biarkan minyak ikut masuk ke dalam wadah.

5. Bolak-balik sayuran
Sama seperti memasak lainnya, Anda perlu membolak-balikan sayur yang tengah dipanggang. Selain itu, Anda juga bisa memindahkan sayuran yang tadinya berada di pinggir wadah ke bagian tengah atau sebaliknya.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha

evitel hotel
Berita lainnya :
 
 

facebook   twitter   rss   google plus
:: Versi Desktop ::
© Copyright 2019 batamtoday.com All Right Reserved
powered by: 2digit