logo batamtoday
Jum'at, 26 April 2019
Banner PKP


Jangan Disepelekan, Ini Penyebab Kebakaran Mobil yang Sering Terjadi
Kamis, 17-01-2019 | 18:04 WIB | Penulis: Redaksi
 
Ilustrasi.  

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Jika melihat kasus kebakaran mobil, memang banyak faktor yang bisa mengakibatkan hal tersebut terjadi. Biasanya, paling banyak kasus kebakaran mobil memang karena adanya korsleting di bagian kelistrikan.

Menurut Service Manager Dealer Toyota Auto2000 Cabang Tebet, I Wayan Werta Yoga, mobil terbakar biasanya karena kendaraan tersebut berumur lama atau tua sekitar delapan tahun setelah produksi.

"Terutama mobil lama yang enggak pernah dirawat atau dicek pemiliknya. Biasanya mereka cuma mau ganti oli saja," ungkap Wayan beberapa waktu lalu.

Selain itu, mobil-mobil dengan usia tergolong lama, alias tua pada bagian jeroan seperti kabel mulai mengalami getas atau mengeras sehingga kelenturan dan kualitasnya berkurang.

Maka dari itu, Wayan menyarankan agar setiap 20 ribu km, mobil juga diperiksa menyeluruh bagian kabel-kabel.

Namun begitu, Wayan mengatakan, mobil lama atau tua pada dasarnya belum tentu bermasalah, selama sang pemilik rajin melakukan pengecekan secara menyeluruh dan mengetahui bagian-bagian apa saja yang berpotensi korsleting.

"Umumnya (korsleting) sering terjadi karena customer mengganti sendiri kabel dan lampu tidak sesuai standar. Seperti lampu besar tapi kabel kecil, Watt-ampere tidak sesuai dengan standarnya," tuturnya.

Kebakaran mobil karena kabel dan lampu tidak standar paling besar kemungkinannya bisa terjadi.

"Terlebih jika kabel dan lampu tidak standar dan tidak sesuai dengan daya terpasang," tambah Wayan.

Sumber: Liputan6.com
Editor: Yudha

evitel hotel
Berita lainnya :
 
 

facebook   twitter   rss   google plus
:: Versi Desktop ::
© Copyright 2019 batamtoday.com All Right Reserved
powered by: 2digit