logo batamtoday
Rabu, 21 Agustus 2019
Banner-PKP


Menelusuri Kuala Lumpur yang Tersohor sebagai Tujuan Wisatawan Dunia
Selasa, 18-12-2018 | 19:06 WIB | Penulis: Harjo
 
Menara Kembar Petronas di Kuala Lumpur, Malaysia. (Dok Pribadi)  

BATAMTODAY.COM, Kuala Lumpur - Pusat ibukota Malaysia, Kuala Lumpur yang tersohor hingga menjadi salah satu tujuan wisatawan dunia, memang nyata adanya. Hal tersebut, jelas bukan hanya karena megahnya fasilitas semata, pada pelayanan terhadap wisatawan yang datang untuk menikmati indahnya berwisata di negara ini.

Wartawan BATAMTODAY.COM yang berkunjung ke Kuala Lumpur, Minggu (16/12/2018) menyaksikan langsung di setiap sudut kota Kuala Lumpur tampak hilir mudiknya wisatawan mancanegara, baik dari touris asal Eropa dan Asia tidak terkecuali wisatawan asal Indonesia yang memang serumpun dengan Malaysia.

Sebuah pertanyaan muncul, bagaimana cara negara yang kental dengan Islam, menarik wisatawan dunia untuk berkunjung ke negara ini? Hingga setiap sudut kota penuh wisatawan dan menjadi pemandangan di sepanjang jalan. Walaupun saat itu, Kuala Lumpur dan sekitarnya sedang dilanda hujan sepanjang hari hingga malam.

Ternyata hal tersebut, tidak terlepas dari destinasi wisata yang ditawarkan, baik fasilitas yang megah dan pelayanan masyarakatnya yang ramah, menjadi salah satu kuncinya. Hal tersebut tercermin, dari pelayanan bagi wisatawan yang hendak berkunjung ke Menara Kembar Petronas yang menjadi salah satu menara tertinggi di dunia itu.

Kemudahan adanya bus gratis untuk keliling jantung kota tersebut, selain menuju Menara Kembar, juga menuju pusat perbelanjaan dan pusat kuliner yang ada. "Ini adalah salah satu yang menarik di Kuala Lumpur, mereka menyediakan bus gratis bagi wisatawan yang juga bisa dinikmati oleh masyarakat ke sejumlah tempat yang populer di jantung kota Kuala Lumpur ini," ucap salah seorang wisatawan asal Indonesia, Rusydy dalam perjalanan keliling kota Kuala Lumpur.

Kemegahan yang menggoda wisatawan mancanegara adalah keberadaan Genting Highland yang berada di daratan tinggi, dilengkapi dengan berbagai fasilitas bagi wisatawan yang berkunjung dan berlibur. Genting Highland dilengkapi dengan berbagai fasilitas mewah, baik berbagai permainan mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Meski masyarakat Malaysia sendiri tidak semuanya bisa menikmati fasilitas yang ditawarkan di pusat hiburan Genting Highland tersebut. Namun itu bukan menjadi pemicu pro dan kontranya di tengah masyarakatnya.

Keunikan itu, malah menunjukkan bahwa kedewasaan masyarakat Malaysia tidak diragukan lagi, karena bisa membedakan mana yang bisa menguntungkan untuk negaranya dan yang tidak. Artinya, selain kepentingan untuk kemajuan negaranya dari sisi stimulus ekonomi dengan adanya sejumlah pusat hiburan tersebut, dimaknai untuk hal yang positif yang juga bisa dirasakan oleh masyarakat baik secara langsung atau tidak langsung.

Karena mereka sadar, antara air dan minyak tidak akan pernah disatukan, walaupun diletakkan di satu tempat, air tetap air dan begitu juga sebaliknya. Mereka lebih mengambil manfaat dari kunjungan wisatawan yang datang, bukan membicarakan hitam putihnya sebuah tempat hiburan.

Wisatawan yang datang berwisata jelas butuh hiburan, artinya kenyamanan adalah sangat dibutuhkan oleh wisatawan saat berkunjung. Sehingga mereka akan lebih betah dan lama berliburan.

Bisakah hal ini ditiru masyarakat Kepri dan Indonesia umumnya?

Editor: Gokli

evitel hotel
Berita lainnya :
 
 

facebook   twitter   rss   google plus
:: Versi Desktop ::
© Copyright 2019 batamtoday.com All Right Reserved
powered by: 2digit