logo batamtoday
Jum'at, 19 April 2024
JNE EXPRESS


Dinkes Mencatat Ada 11 Penderita HIV/AIDS di Lingga Sepanjang 2018
Kamis, 13-12-2018 | 15:04 WIB | Penulis: Bayu Yiyandi
 
Ilustrasi.  

BATAMTODAY.COM, Dabosingkep - Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes-PPKB) Kabupaten Lingga mencatat ada 11 penderita HIV/AIDS di Lingga pada tahun 2018 ini.

"Data se-Kabupaten Lingga untuk penderita HIV/AIDS ada 11 orang," kata Kepala Dinkes-PPKB Lingga, dr Syamsu Rizal melalui Kepala Seksi (Kasi) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular, Rafles, Kamis (13/12/2018)

Sementara terkait wilayah kecamatan terbanyak penyumbang penderita HIV/Aids di Kabupaten Lingga, Rafles enggan membeberkannya. "Itu privasi," kata dia.

Begitu juga dengan jumlah penderita tahun lalu dengan saat ini. Apakah menurun atau malah meningkat, Rafles belum bersedia menjelaskan secara rinci karena beberapa pertimbangan.

"Meningkat atau menurun, tidak bisa disampaikan. Karena pemeriksaannya tadi. Sistemnya sukarela, maka banyak yang belum diketahui," ujarnya.

HIV/Aids merupakan penyakit menular yang bisa datang karena hubungan yang kurang sehat. Gonta-ganti pasangan menjadi salah satu penyebabnya. Namun, tidak hanya hubungan, tranfusi, jarum suntik, barkoba bahkan hal yang tidak terduga seperti pisau silet cukur rambut bisa menjadi pemicu.

"Jika penderita HIV/Aids cukur rambut dengan pisau cukur, kemudian luka, terus nempel di pisaunya. Kemudian, pisau itu dicukur ke rambut kita, luka juga, itu bisa menular," katanya.

Namun demikian, hubungan seks yang tidak sehat seperti gonta-ganti pasangan, tetap menjadi pemicu terbesar terserang HIV/Aids yang hingga sekarang belum ada obatnya.

Editor: Yudha

Ucapan Idul Fitri

Berita lainnya :
 
 

facebook   twitter   rss   google plus
:: Versi Desktop ::
© 2024 BATAMTODAY.COM All Right Reserved
powered by: 2digit