logo batamtoday
Rabu, 19 Desember 2018


Berwisata ke Muar Johor, Wajib Mencoba Cita Rasa Khas Kopi 434
Sabtu, 01-12-2018 | 13:52 WIB | Penulis: Harjo
 
Wisatawan membawa oleh-oleh khas Kopi 343. (Foto: Harjo)  

BATAMTODAY.COM, Johor - Kopi Merk 434 yang diproduksi di Jalan Bakariah, Muar, Johor, Malaysia jadi salah satu tujuan wisata kuliner yang wajib dicoba. Kopi 434 ini, berbahan dasar kopi gajah yang ditanam di sekitar pabrik kopi tersebut.

Chua Teck Boon, Tourism Muar Johor sekaligus pemilik pabrik kopi tersebut kepada wartawan BATAMTODAY.COM dan sejumlah agen travel ASITA Batam Kepri menyampaikan, kilang atau pabrik yang memproduksi kopi jenis gajah menjadi kopi yang diberi merk 'Kopi 434' ini memang menjadi satu-satunya produk andalan mereka.

Saat kunjungan tersebut, Chua Teck Boon menerangkan, mereka memproduksi kopi sudah sejak puluhan tahun silam. Dimana untuk bahan baku berupa ladang kopi menjadi satu kesatuan di atas lahan sekitar empat hektar.

Dia juga menerangkan dengan sedetail mungkin, mulai proses panen, mengeringkan hingga proses pembuatan kopi, pengemasan dan pemasaran. Walau pun sejauh ini, pemasaran masih disekitar Muar Johor dan sekitarnya.

"Sampai saat ini, memang belum di ekspor. Pasaran dari sebatas tingkat domestik, karena biasanya hanya sekedar oleh-oleh bagi wisatawan, yang berkunjung ke Muar," ujar Chua.

Dijelaskan, kopi bisa dinikmati di sejumlah warung kopi. Juga bisa membeli dan membuat sendiri mengingat kopi tersebut sudah dikemas sedemikian rupa, hingga diproduksi sudah berbentuk kemasan tinggal diseduh dengan air panas saja.

Pabrik yang disebut kilang oleh warga setempat ini, dijadikan salah satu tujuan kunjungan wisata, mengingat keunikannya. Mulai dari pohon, panen dan prosesnya berada di tempat sama. Pengunjung bisa melihat langsung prosesnya sejak awal hingga jadi kopi yang memiliki rasa khas tersebut.

Selain itu, kopi jenis gajah ini memang selalu berbuah alias tidak ada musim, karena selalu berbuah.

"Kalau untuk musim berbuah banyak pada sekitar Juni dan Desember setiap tahunnya. Tetapi kalau berbuah kopi memang tetap berbuah sepanjang tahun. Hanya saja setiap tahunnya ada dua kali berbuah banyak di luar dari biasanya," terangnya.

Editor: Yudha

batamtoday13th
 
evitel hotel
Berita lainnya :
 
 

facebook   twitter   rss   google plus
:: Versi Desktop ::
© Copyright 2016 batamtoday.com All Right Reserved
powered by: 2digit