logo batamtoday
Rabu, 14 November 2018
Banner PKP


Satlantas Polresta Barelang Sulap Mobil Penerangan Jadi Mobil Perpus Keliling
Jumat, 09-11-2018 | 11:04 WIB | Penulis: CR-1
 
Anggota Satlantas Polresta Barelang saat melayani anak-anak yang berkunjung ke Mobil Perpus Keliling. (Ist)  

BATAMTODAY.COM, Batam - Satlantas Polresta Barelang kini memiliki mobil perpustakaan keliling, yang telah diisi ribuan buku. Diharapkan, dengan adanya mobil perpus keliling ini, minat baca anak di Kota Batam semakin meningkat.

Kasat Lantas Polresta Barelang, Kompol I Putu Bayu Pati menyampaikan, ide itu mucul saat melihat mobil penerangan milik Polresta Barelang yang telah lama tidak beroperasi, namun setelah diperiksa ternyata mesinnya masih bagus.

Atas inisiatifnya, kendaraan roda empat itu dimodifikasi sedemikian rupa menjadi mobil pustakaan yang akan berkeliling dari sekolah ke sekolah dan juga ke tempat umum lainnya.

"Hingga saat ini mobil pintar tersebut telah berisi kurang lebih 4.500 buku. Buku ini semua ada berkat bantuan dari beberapa pihak seperti Gramedia, Batamindo dan Ikatan Motor Indonesia (IMI) Kepri," ujar Bripka Yoga Indromiko, selaku Agt Dikyasa Polresta Barelang membuka cerita, Kamis (8/11/2018) kemarin di Aula MPH Batamindo.

Yoga mengatakan, tujuan utama Kasat Lantas membuat kendaraan pustaka keliling ini adalah untuk menumbuhkan minat baca kepada masyarakat Batam, khususnya anak-anak agar lebih memiliki pengetahuan yang luas.

"Semoga dengan adanya mobil pintar ini bisa menanamkan hobi membaca kepada anak-anak dari usia dini dan juga remaja Batam, dibandingkan hanya bermain gadget," jelas Yoga.

Lanjutnya, minat baca di negera kita ini sangat rendah sekali dan ini menjadi kegelisahan tersendiri bagi Kasat Lantas Polresta Barelang dan kegelisahan kita semua.

Memang dari data terbaru yang didapat BATAMTODAY.COM dari sebuah hasil studi yang dilakukan Central Connecticut State University (CCSU) pada tahun 2016 lalu mengenai 'The Most Literate Nations in The World', menyebutkan bahwa Indonesia menempati urutan ke-60 dari total 61 negara atau dengan kata lain minat baca masyarakat Indonesia hanya sebesar 0,01 persen atau satu berbanding sepuluh ribu jiwa.

Karena hal ini jugalah pihak Dikyas Polresta Barelang mulai menggiatkan minat baca ini secara intensive. Dengan senang hati mereka turun ke jalan, ke sekolah-sekolah menjemput bola demi menumbuhkan minat baca.

"Untuk saat ini kita telah mulai adakan MoU (Memorandum of Understanding) dengan beberapa sekolah, seperti TK, SD dan SMP se-Kota Batam," jelasnya sembari mempersilakan pewarta untuk melihat buku-buku yang terdapat di dalam mobil pintar tersebut.

Yoga juga mengatakan, bahwa mereka juga baru road show di tiga kecamatan, "Baru tiga kecamatan. Lubukbaja, Bengkong, dan Nongsa. Karena kendaraan kita juga baru satu, sedangkan untuk satu kecamatan itu kadang sampai memakan waktu setengah bulan," paparnya.

Namun selain itu, selain ke sekolah-sekolah, mobil pintar ini juga terkadang juga ikut ke acara-acara tertentu, seperti pernah diundang ke anniversary club mobil dan event lainya. "Ada gelaran besar dan diundang, biasanya kita datang," katanya.

Kedepannya dengan total hampir 4500 lebih buku yang didapat dari hasil donasi beberapa pihak donatur. Dikyas Polantas Barelang juga akan berkunjung ke daerah hinterland dan sekolah-sekolah terpencil di Kota Batam.

"Karena di pelosok sana ketersedian mereka akan buku dan bahan bacaan yang lebih bermutu masih sangat kurang, program kita akan sampai ke sana nantinya," ungkap Yoga.

Yoga mengatakan bagi sekolah atau pihak lain yang ingin dikunjungi mobil pintar bisa menghubungi pihak Satlantas Polresta Barelang untuk memulai kerja sama.

Editor: Gokli

evitel hotel
Berita lainnya :
 
 

facebook   twitter   rss   google plus
:: Versi Desktop ::
© Copyright 2016 batamtoday.com All Right Reserved
powered by: 2digit