logo batamtoday
Rabu, 14 November 2018
Banner PKP


Ini 4 Cara Mengecek Kondisi Busi Motor Masih Baik atau Tidak
Sabtu, 03-11-2018 | 14:40 WIB | Penulis: Redaksi
 
Ilustrasi.  

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Meski bentuknya kecil, busi menjadi salah satu faktor utama dalam sepeda motor. Jika busi mati atau tidak menyala, maka mesin motor dipastikan tak akan hidup.

Menurut situs resmi Wahana Honda, fungsi utama dari busi adalah memantik api di dalam ruang pembakaran motor. Posisinya di silinder head. Agar motor dapat berjalan, maka campuran bensin dan udara bakal dibakar oleh percikan api dari busi. Ledakan itulah yang membuat piston bergerak naik-turun.

Posisi busi sendiri memang berbeda-beda. Untuk motor jenis bebek atau sport, biasa berada di sebelah kanan silinder head. Sedangkan motor matik akan lebih repot karena harus melepas bodi.

Untuk melepas busi caranya pun cukup mudah, cukup menggunakan kunci busi yang sudah disediakan di toolkit.

Untuk caranya, pertama, cabut kop kabel busi. Putar berlawanan arah jarum jam untuk melepasnya. Jika sudah tebuka, tinggal dicek kondisi elektroda busi, alias ujung busi yang menancap ke dalam ruang pembakaran.

Nah, untuk mengetahui apakah busi motor sehat atau tidak cukup dilihat dari warnanya, antara lain:

1. Warna elektroda kecokelatan atau merah bata. Tandanya pembakaran optimal. Anda tak perlu khawatir.

2. Warna elektroda menghitam. Tanda campuran udara dan bensin tidak seimbang. Lebih banyak bensin. Efeknya, konsumsi bahan bakar meningkat, alias boros.

3. Warna elektroda memutih. Tanda jika campuran udara dan bensin lebih banyak udaranya. Efeknya, motor akan lebih cepet panas. Jika terjadi hal itu tidak baik untuk daya tahan komponen di dalam mesin. Jadi cepat rusak

4. Warna elektroda hitam dan dipenuhi oli. Ini tidak baik, sebab indikasi oli masuk ke ruang bakar karena ring piston sudah jelek atau liner piston yang sudah baret. Oli yang ikutan terbakar akan membuat motor menghasilkan knalpot asap putih.

Sumber: Liputan6.com
Editor: Yudha

evitel hotel
Berita lainnya :
 
 

facebook   twitter   rss   google plus
:: Versi Desktop ::
© Copyright 2016 batamtoday.com All Right Reserved
powered by: 2digit