logo batamtoday
Selasa, 20 November 2018
Banner PKP


Kaka Slank Pilih Jadi Vegetarian Demi Lingkungan
Senin, 29-10-2018 | 16:28 WIB | Penulis: Redaksi
 
Kaka Slank.  

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Vokalis band Slank, Kaka menyadari pentingnya menjaga lingkungan berkat mendalami hobi menyelam. Sejak setahun belakangan ia mengaku telah mengurangi minum dari air kemasan dan memilih membawa botol minuman kemana pun dirinya pergi.

Menurutnya, dia mulai melakukan hal tersebut setelah sering menemukan sampah plastik setiap kali dirinya menyelam.

Di satu sisi, Kaka pun mengatakan bahwa dirinya memang senang mengoleksi botol minuman. Ketimbang hanya menjadi pajangan, ia pun memanfaatkannya menjadi hal yang lebih berguna.

"Gara-garanya saya juga setiap ke kedai kopi sering beli tumbler untuk koleksi, tapi enggak tahu gunanya. Jadi dipakai, dan itu ganti-ganti ada macam-macam warnanya," ungkapnya saat ditemui dalam acara jumpa pers Konser Menghadap Laut di kawasan Kuningan Jakarta, Kamis (25/10/2018).

Tidak hanya untuk keseharian dia sendiri, Kaka bahkan memberlakukan pengurangan penggunaan plastik setiap kali Slank manggung.

"Saya pakai tumbler sudah dari lama, riders Slank pun diusahakan bukan air minum kemasan untuk di atas panggung, tapi diganti dengan botol kaca. Itu sudah dari tahun lalu," katanya lebih lanjut

Dengan melakukan hal itu, Kaka ingin dirinya kelak dapat menjadi contoh saat mengajak orang lain untuk melakukan hal yang sama. Dia tak ingin menjadi sosok yang menyuarakan peduli lingkungan tanpa memberikan kontribusi nyata.

Selain mengurangi penggunaan plastik, Kaka pun menyatakan telah menjadi seorang vegetarian selama enam bulan belakangan. Hal itu dipicu rasa ironi setelah melihat keindahan dalam laut tapi dia malah kemudian justru mengonsumsi makhluk yang hidup di dalamnya.

"Gue menyelam, foto-foto masa kemudian pas di atas [ikannya] dibakar, agak ironis. Gue pun kemudian menetapkan mau jadi vegan, karena enggak tega dengan apa yang gue nikmatin keindahannya di laut, gue foto-foto," katanya.

Bentuk kepedulian lainnya pun akan ditunjukan Kaka beserta rekan satu bandnya dengan ikut dalam Konser Menghadap Laut yang diadakan bertepatan dengan Our Ocean Conference (OOC) 2018 di Bali pada awal pekan depan.

Melalui konser itu, Slank beserta musisi seperti Monita Tahalea, Jogja Hiphop, Navicula dan Prita Laura mengajak masyarakat untuk Bersama-sama berpartisipasi dalam gerakan "Laut Bukan Tempat Sampah".

"Konser Menghadap Laut ini digelar karena ada OOC di Bali. Pengennya dengan banyak menteri seluruh dunia yang kumpul di Bali, kami memberi suguhan dengan level kepedulian yang sama," kata Kaka soal konser yang bakal dilangsungkan di Pantai Pandawa Bali pada 29 Oktober 2018 mendatang.

Lebih lanjut, ia juga berharap Slank bersama musisi yang lain dapat mengubah pandangan akan konser dengan banyaknya yang datang, lalu semakin banyak sampah yang ditinggalkan.

"Saya ingin mengubah pandangan itu. Ini PR juga untuk Slank, bagaimana di konser mendatang adalah konser yang bersih. Kalau datang bawa sampah, ya itu harus dibawa juga pas pulang," katanya.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha

evitel hotel
Berita lainnya :
 
 

facebook   twitter   rss   google plus
:: Versi Desktop ::
© Copyright 2016 batamtoday.com All Right Reserved
powered by: 2digit