logo batamtoday
Minggu, 16 Desember 2018


Laboratorium Patologi Anatomi di RSUD M Sani Bisa Diagnosa Penyakit Kanker
Kamis, 11-10-2018 | 13:54 WIB | Penulis: Wandy
 
Bupati Karimun Aunur Rafiq meninjau aboratorium patologi anatomi RSUD M. Sani. (Foto: Wandy)  

BATAMTODAY.COM, Karimun - Dirut RSUD M. Sani Zulhadi mengatakan dengan adanya laboratorium patologi anatomi ini dapat membantu masyarakat untuk melakukan pemeriksaan tahap awal.

"Laboratorium Patologi Anatomi ini untuk melakukan diagnosa pasti untuk penyakit kanker, karena penyakit kanker ini dari waktu ke waktu selalu meningkat, rata-rata dalam sebulan ada 5 orang kadang 7 orang dan tidak pasti, ini juga untuk membantu masyarakat," kata Zulhadi, Kamis (11/10/2018).

Zulhadi menjelaskan, setelah di diagnosa penyakit kanker tersebut maka baru bisa ditanggulangi oleh dokter bedah yang ada di RSUD M. Sani. Namun pihaknya juga sudah bekerja sama dengan RS Otorita Batam dan RS Embung Fatimah.

"Untuk penyakit ini memang memerlukan sub spesialis, walaupun kita bekerja sama dengan dua rumah sakit di Batam namun sebagian besar bisa kita laksanakan di sini," katanya.

Menurut dia, untuk pemeriksaan melalui patologi anatomi diagnosa pastinya hampir mendekati ke angka 100 persen dengan alat tersebut. Selanjutnya apabila diagnosanya sudah pasti maka tindakan yang akan dilakukan juga pasti. Lalu tergantung apakah bisa dilakukan penanganan di RSUD M Sani atau harus dirujuk, tentunya yang memiliki sub spesialis dari penyakit tersebut.

"Untuk hasil dari diagnosa tersebut biasanya dalam seminggu sudah diketahui, karena tergantung penyakitnya. Maka pasien sambil dirawat, lalu dilakukan pemeriksaan dan biasanya sebelum pasien pulang hasil sudah diketahui," jelas Zulhadi.

Ditambahkan Zulhadi, untuk pemeriksaan sudah dapat dilakukan disini (RSUD M. Sani), tapi sebelumnya pihaknya sudah melakukan kerja sama dengan laboratorium di Kota Medan. Namun dengan adanya alat tersebut dan juga ada dokter spesialisnya maka sudah bisa dilaksanakan di RSUD M. Sani.

"Karena saat ini yang paling dominan itu adalah kanker serviks, kanker payudara, dan kanker paru-paru. Sebab itu sebagian penyakit yang besar di Kabupaten Karimun," katanya mengakhiri.

Editor: Yudha

evitel hotel
Berita lainnya :
 
 

facebook   twitter   rss   google plus
:: Versi Desktop ::
© Copyright 2016 batamtoday.com All Right Reserved
powered by: 2digit