logo batamtoday
Minggu, 16 Desember 2018


Pecinta Kuliner, Wajib Coba Kelezatan Rujak Cingur Bude Ari di Food Street Green Land
Rabu, 10-10-2018 | 13:16 WIB | Penulis: Irwan Hirzal
 
Rujak Cingur Bude Ari. (Foto: Irwan)  

BATAMTODAY.COM, Batam - Rujak cingur adalah salah satu makanan tradisional yang mudah ditemukan di daerah Jawa Timur, terutama daerah asalnya Surabaya.

Tapi jangan khawatir untuk warga Batam, karena rujak cingur ini bisa anda dapatkan di Food Street Green Land, Batam Centre. Rujak cingur menjadi satu diantara menu rujak.

"Cingur itu makanan khas dari Surabaya. Kalau belum dimasak namanya congor, kalau udah dimasak namanya cingur yang artinya moncong sapi. Cita rasa cingur sangat kuat walaupun sudah dicampurkan dengan kuah rujak dan bahan rujak lainnya," ujar Bude Ari Widawati selaku owner Qsuka aneka rujak Surabaya.

Campuran rujak cingur berupa sayuran. Seperti kangkung, timun, tauge, kacang panjang, dan bengkoang. Tambahan lainnya adalah lontong daun, tempe, tahu dan tidak ketinggalan dengan cingurnya.

"Petisnya langsung dari Jawa, jadi rasa nusantaranya lebih dapat. Dan pilihan cingur juga harus baik, jadi cingur terasa lembut saat pengolahan," ujarnya.

Bude Ari mengatakan bahwa pengelolaan cingur dimulai dari dibakar terlebih dahulu untuk menghilangkan bulunya, setelah dibakar, dikerok bulunya, dicuci bersih, lalu direbus. Maka akan didapat cingur yang lembut dan nikmat.

"Bumbu rujak cingur dominan pada rasa kacangnya, sedangkan rujak buah dominan pada rasa gula merahnya. Rujak cingur mempunyai cita rasa yang dominan pada petisnya," ungkapnya.

Gimana penarasan bukan, dengan citra rasa rujak cingur. Apalagi harganya cukup bersahabat, hanya Rp20 ribu anda sudah merasakan nikmatnya kuliner khas Surabaya.

Editor: Yudha

evitel hotel
Berita lainnya :
 
 

facebook   twitter   rss   google plus
:: Versi Desktop ::
© Copyright 2016 batamtoday.com All Right Reserved
powered by: 2digit