logo batamtoday
Rabu, 17 Oktober 2018
Cluster-Botania-Garden


Kementerian Perindustrian Sebut Mobil Esemka Penuhi Syarat untuk Produksi
Senin, 08-10-2018 | 13:41 WIB | Penulis: Redaksi
 
Walikota Solo, FX Hadirudyatmo dan sejumlah pejabat menghadiri acara Peluncuran Mobnas Esemka di Solo Technopark.  

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Kementerian Perindustrian memastikan mobil Esemka sudah memenuhi persyaratan untuk masuk fase produksi massal.

Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kementerian Perindustrian, Putu Juli Ardika, mengatakan produsen mobil Esemka sudah siap dengan beberapa varian.

"Mereka sudah menjalani ketentuan administrasi sesuai prosedur. Produksi bisa dilakukan," ujarnyam Minggu (7/10/2018).

Menurut Putu, PT Adiperkasa Citra Esemka Hero selaku produsen Esemka sudah memiliki nomor sertifikat uji tipe dan nomor identifikasi kendaraan bermotor. Dia mengatakan model yang terdaftar untuk produksi pertama adalah kendaraan bak terbuka atau pikap dan sport utility vehicle.

"Namun, soal kapan produksinya, tergantung produsen. Kami menunggu saja," ujar dia.

Kepala Sub-Direktorat Uji Tipe Kendaraan Bermotor Kementerian Perhubungan, Dewanto Purnacandra, mengatakan model Esemka yang akan diluncurkan sudah lulus uji tipe.

"Setelah melalui beberapa proses uji tipe, mobil Esemka mendapatkan sertifikat dari Kementerian Perhubungan. Ini menunjukkan bahwa mobil ini sudah layak produksi," katanya.

Mobil Esemka diwacanakan sebagai produk mobil nasional sejak 2010. Mobil ini awalnya dikembangkan oleh gabungan sekolah menengah kejuruan bersama beberapa pabrikan. Salah satunya adalah PT Solo Manufaktur Kreasi. Namun, saat menjalani uji tipe pada 2012, Esemka gagal lulus. Sertifikat uji emisi mesinnya baru diperoleh setelah pengujian ketiga.

Sumber: Tempo.co
Editor: Yudha

evitel hotel
Berita lainnya :
 
 

facebook   twitter   rss   google plus
:: Versi Desktop ::
© Copyright 2016 batamtoday.com All Right Reserved
powered by: 2digit