logo batamtoday
Minggu, 16 Desember 2018


Sanggar PBS Karimun Raih Juara I Tari Minang Kreasi di Padang
Senin, 08-10-2018 | 12:16 WIB | Penulis: Wandy
 
Penari dari Sanggar Tari Pelangi Budaya Studio (PBS) Kabupaten Karimun raih juara di Festival Lomba Tari Minang Kreasi. (Foto: Ist)  

BATAMTODAY.COM, Karimun - Sebanyak 35 penari dari Sanggar Tari Pelangi Budaya Studio (PBS) Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau tampil dalam ajang Festival Lomba Tari Minang Kreasi yang digelar di Sanggar Tari Andam Dewi Museum Adityawarman Padang, Minggu (7/10/2018).

Perlombaan tersebut diikuti 13 sanggar dari Kota Padang, Sumatera Barat dan Sanggar Sanggar Tari Pelangi Budaya Studio (PBS) Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau.

Penari di Bumi Berazam tersebut mempersembahkan dua tarian eksibisi yakni tari randai kreasi baru dan tari Melayu kreasi rampak marwas yang dibagi lagi menjadi tarian yakni tarian lenggang batok, tarian pesta panen serta tarian randai kreasi.

Para penari PBS itu menunjukan kebolehannya diatas panggung layaknya penari profesional. Pasalnya mereka terlihat santai mengikuti iringan musik, serta tepukan penonton pun diberikan kepada mereka saat menari diatas panggung.

Ketua pelaksana, Dewi Rasita mengatakan, perlombaan ini digelar oleh Sanggar Andam Dewi dengan tujuan untuk membangkitkan minat dan bakat para penari di Sumbar, agar mereka berani mengekspresikan diri.

"Untuk peserta dari Sumatera Barat, namu kita kedatangan tamu istimewa dari Tanjungbalai Karimun. Dan penampilan dari PBS ini cukup bagus serta mampu memukau para juri dan penonton, mereka bisa kompak, asik dalam menari dan senyum mereka saat menari pun tidak dibuat-buat. Intinya kita terhibur," kata Dewi yang juga Pimpinan Sanggar Andam Dewi.

Sementara itu, Pimpinan sekaligus Koreografer Sanggar Tari Pelangi Budaya Studio Kabupaten Karimun Ahadian Zulseptriadi mengatakan, selama ini anak didiknya tersebut memang sering membawakan tarian Melayu, akan tetapi harus dan wajib mengetahui jenis tarian nusantara lainnya diantaranya Tarian Padang.

"Ini merupakan sebuah tantangan tersendiri bagi kami. Biasanya memang kami sering membawakan tarian Melayu saja, namun festival ini kita harus menampilkan tarian daerah lain yaitu tarian Minang. Alhamdulillah kita dapat Juara I dan II kategori umum bergrub," kata pria yang akrab disapa Adi ini.

Untuk diketahui, perlombaan tarian dibagi menjadi 7 kategori yakni tingkat TK, SD, SMP, SMA se Kota Padang dan kategori kelompok. Sementara untuk kategori SD dibagi menjadi dua yakni kategori kelas 1-3 dan 4-6.

Editor: Yudha

evitel hotel
Berita lainnya :
 
 

facebook   twitter   rss   google plus
:: Versi Desktop ::
© Copyright 2016 batamtoday.com All Right Reserved
powered by: 2digit