logo batamtoday
Kamis, 18 Oktober 2018
Cluster-Botania-Garden


Pelantikan Pengurus Pinbas MUI
Isdianto Dorong Kemajuan Ekonomi Syariah Kepri Melalui Pinbas MUI
Selasa, 10-07-2018 | 16:40 WIB | Penulis: Charles Sitompul
 
Pelantikan pengurus Pusat Inkubasi Bisnis Syariah MUI Cabang Kepri di Auditorium STAIN Abdurrahman, Ceruk Ijuk, Bintan. (Foto: Istimewa)  

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Wakil Gubernur Isdianto berharap dengan terbentuknya Pusat Inkubasi Bisnis Syariah (Pinbas) MUI Kepri akan dapat mendorong terwujudnya ekonomi syariah yang lebih maju, berkembang dan kuat. Kemajuan itu juga akan menjadi pilar pertahanan aqidah umat.

"Kepengurusan Pinbas MUI ini juga diharapkan dapat mendorong kemajuan ekonomi umat di Kepri melalui pengembangan ekonomi rumah tangga, UMKN serta koperasi," kata Isdianto saat menghadiri pelantikan pengurus Pusat Inkubasi Bisnis Syariah MUI Cabang Kepri di Auditorium STAIN Abdurrahman, Ceruk Ijuk, Bintan, Selasa (1/7/2018).

Menurutnya, potensi yang ada di Kepri harus dapat dioptimalkan melalui pengembangan usaha-usaha yang telah ada dan yang akan dilakukan Pinbas. Pemprov sangat mendukung terbentuknya kepengurusan ini.

Ke depan Pemprov Kepri akan memberikan dukungan dalam bentuk pelatihan kewirausahaan. Demikian juga dengan upaya mendapatkan bantuan kredit permodalan melalui OPD terkait.

"Gandeng juga pengusaha dan perbankan yang ada sebagai upaya penigkatan ekonomi umat," kata Isdianto.

Sementara, Ketua BI Batam Gusti Raizal Eka Putra mengatakan, Bank Indonesia sangat konsen untuk meningkatkan perekonomian salah satunya ekonomi syariah. Bahkan saat ini di BI memiliki bidang tersendiri yang khusus menangani perekonomian syariah.

Menurut penelitian, kata Gusti, saat ini ada beberapa negara yang bukan negara Islam menjadi produsen barang kebutuhan muslim. Seperti China sebagai pengekspor terbesar pakaian muslim, dan Australia pengekspor daging halal terbesar di dunia. Karena itu BI bertekad untuk membangkitkan perekonomian kususnya di bidang syariah.

"Jika Indonesia bisa mengambil alih produk-produk yang bersifat syariah tersebut, kenapa tidak," kata Gusti.

Dia berharap bisnis ekonomi syariah di Kepri dapat mendorong perkembangan masyarakat serta dpt mensejahterakan masyarakat.

Muhammad Faisal, Ketua STAIN mengatakan, untuk pengembangan ekonomi syariah, STAIN sangat berharap dukungan penuh dari semua elemen, terutama pemerintahan.

Editor: Yudha

evitel hotel
Berita lainnya :
 
 

facebook   twitter   rss   google plus
:: Versi Desktop ::
© Copyright 2016 batamtoday.com All Right Reserved
powered by: 2digit