logo batamtoday
Senin, 20 Agustus 2018
Cluster-Botania-Garden


Debat Masalah Sampah, Syahrul Lawan Program Lis dengan Jawaban Menohok
Rabu, 16-05-2018 | 13:52 WIB | Penulis: Habibi
 
Paslon nomor urut 1, Syahrul saat depat publik putaran 2 Pilwako Tanjungpinang. (Foto: Ismail)  

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Debat putaran kedua Pemilu Wali Kota Tanjungpinang telah dilakukan, Selasa (15/5/2018) di Hotel Aston, Tanjungpinang. Dalam debat tersebut, panelis memberikan pertanyaan tentang pengolahan sampah untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

Menjawab hal tersebut, Pasangan nomor urut 2, Lis Darmansyah-Maya Suryanti menilai sampah memiliki nilai positif bagi masyarakat, khususnya dalam pengolahan pupuk. Tapi, Paslon nomor urut 1, Syahrul malah menilai program tersebut dengan jawaban menohok.

Pasangan Lis-Maya menerangkan pentingnya pengelolaan sampah terpadu. Pengelolaan sampah dengan aspek pemanfaatan. Sehingga tidak ada sampah yang tersia-siakan.

"Sampah cair menjadi pupuk ekonomis. Dan sampah lain dikelola menjadi kompos. Sehingga, sampah mampu memberikan profit bagi masyarakat dan daerah," tutur Lis dalam debat tersebut.

Sampah di wilayah pesisir, diakui Lis juga memerlukan penanganan serius. Sehingga Lis-Maya mengaku bertekad menjadikan sampah, sebagai modal dalam memberikan profit.

"Diharapkan sistem pengelolaan sampah nantinya ada kerja sama dengan swasta dalam pengelolaan sampah. Sehingga bisa menghasilkan," tutur Lis.

Namun Syahrul melihat, adanya kendala dalam gagasan yang dituturkan Lis, yakni distribusi penjualan pupuk dan kompos.

"Kebingungan mau dibawa kemana pupuk dan kompos itu. Kurang perhatian pemerintah untuk menunjuk lokasi penjualan hasil sampah," kata Syahrul.

Debat ini pun terlihat seru, masing-masing pasangan saling 'serang' dan bantahan. Namun, ada juga beberapa masalah yang ditanggapi dengan fikiran yang sama.

Editor: Yudha

PKP
evitel hotel
Berita lainnya :
 
 

facebook   twitter   rss   google plus
:: Versi Desktop ::
© Copyright 2016 batamtoday.com All Right Reserved
powered by: 2digit