logo batamtoday
Kamis, 16 Agustus 2018
Cluster-Botania-Garden


Satker Pamsimas Gelar Sosialisasi di Kecamatan Siantan Tengah Anambas
Selasa, 15-05-2018 | 15:16 WIB | Penulis: Alfredy Silalahi
 
Satker Pamsimas gelar sosialisasi di Aula Kantor Camat Siantan Tengah. (Foto: Alfredy)  

BATAMTODAY.COM, Anambas - Satuan Kerja (Satker) Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) Provinsi Kepulauan Riau gelar sosialisasi program Pamsimas III tahun 2018 di Kecamatan Siantan Tengah, Anambas.

Sosialisasi ini bertujuan mendukung agenda nasional dalam peningkatan cakupan penduduk terhadap pelayanan air minum yang aman dan sanitasi yang layak serta berkelanjutan.

"Program ini untuk meningkatkan akses penduduk perdesaan dan pinggiran kota terhadap fasilitas air minum dan sanitasi yang layak khususnya untuk desa-desa di wilayah kabupaten. Tujuannya, air bersih untuk rakyat, dan sanitasi total berbasis masyarakat?," kata Satker Pamsimas Kepri, Meldon, Selasa (15/5/2018).

Dihadiri Camat Siantan Tengah, aparatur desa dan masyarakat, Meldon menerangkan bahwa pendanaan Pamsimas 70 persen dari Pemkab Anambas, 10 persen dari dana desa, 4 persen dari masyarakat serta 16 persen tenaga masyarakat. Menurutnya, peran masyarakat desa sangat penting bagi program tersebut.

"Pemberdayaan masyarakat dan pengembangan kelembagaan daerah? bertujuan untuk? memampukan masyarakat untuk mengorganisasi dirinya, merencanakan, mengelola, dan menjaga keberlanjutan pelayanan air minum dan sanitasi yang aman," ujar Meldon.

Ia melanjutkan, tujuan lainnya untuk memperkuat kapasitas kelembagaan masyarakat dalam rangka menjamin kualitas pengelolaan pelayanan SPAMS Perdesaan. Membangun komitmen serta kapasitas pemerintah kabupaten dan provinsi dalam peningkatan kinerja sistem pengelolaan pelayanan air minum dan sanitasi perdesaan berbasis masyarakat yang berkelanjutan melalui pengarusutamaan pendekatan Pamsimas dalam kebijakan pembangunan air minum dan sanitasi daerah.

Sementara, Camat Siantan Tengah, Hery Fakhrizal mengimbau masyarakat dan aparatur desa khususnya Desa Muntai, Air Sena dan Teluk Siantan berswadaya menjalankan program tersebut.

"Tahun (2018) ini ada tiga desa, saya berharap ada peran masyarakat, karena itu dibutuhkan dalam program Pamsimas ini. Dan keberhasilan pelaksanaan program ini akan mendapat Dana Alokasi Khusus (DAK) dari pusat. Mari kita bergotong royong menjalankan program ini. Karena ini untuk kepentingan kita bersama," pesan Camat.

Sementara, Kepala Bidang Infrastruktur Badan Penilitian, Pengembangan dan Perencanaan Daerah (Balibangpeda) Anambas, ?Andy Guna mengakui program tersebut dijalankan secara bertahap. Selain air bersih dan sanitasi, listrik juga menjadi agenda prioritas bagi desa.

"Infrastruktur dasar ini juga merupakan visi-misi Bupati dan Wakil Bupati. Ini akan dijalankan secara bertahap. Tahun 2017 lalu ada 5 desa yang sudah menjalankan Pamsimas, untuk tahun 2018 target kami ada 15 desa. Dan masih ada 19 desa yang belum menjalankan ini. Target kami 2021 prgoram ini sudah tuntas," jelasnya.

Editor: Yudha

PKP
evitel hotel
Berita lainnya :