logo batamtoday
Minggu, 21 Januari 2018
Cluster-Botania-Garden


Ini 5 Khasiat Ampuh Bawang Putih untuk Kesehatan Tubuh
Sabtu, 13-01-2018 | 14:14 WIB | Penulis: Redaksi
 
Ilustrasi bawang putih. Shutterstock/Timmary  

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Mungkin kita tidak suka mengonsumsi bawang putih karena aromanya. Namun jika kita tahu manfaatnya lebih dalam bagi tubuh, mungkin kita akan berubah pikiran dan segera mengonsumsinya.

Manfaat bawang putih sudah dikenal sejak lama. Kandungan senyawa belerang dan allicin yang ada di dalamnya memiliki sifat antibakteri dan anti jamur.

Diketahui allicin merupakan senyawa aktif dalam bawang putih yang bersifat tidak stabil dan bisa membunuh mikroba, seperti kuman penyebab infeksi. Bahkan bahan alami ini juga dipercaya bisa mencegah seseorang terserang kanker.

Bahan dapur yang memiliki aroma sedap saat dimasak ini juga memiliki vitamin B1, B2, B3, B6, folat, vitamin C, kalsium, besi, magnesium, mangan, fosfor, kalium, natrium, dan seng. Dengan banyaknya kandungan baik bagi tubuh, bawang putih pun memiliki sejuta manfaat.

Berikut beberapa manfaat bawang putih yang dilansir dari Kompas.com:
1. Mencegah dan mengobati flu
Kekebalan tubuh bisa ditingkatkan dengan antioksidan yang terdapat di dalam bawang putih. Saat flu menyerang, bawang putih bisa digunakan sebagai pereda.

Buatlah seduhan "teh" bawang putih, dengan cara merajangnya hingga halus, dan kemudian diseduh air panas. Diamkan selama beberapa menit, lalu tiriskan dan diminum. Kita bisa menambahkan sedikit madu atau jahe untuk menciptakan rasa yang lebih enak.

2. Mengontrol berat badan
Bagi yang tidak ingin berat badan naik, bawang putih bisa membantu mengontrol berat badan kita.

Berdasarkan sebuah penelitian menunjukkan, tikus yang mengonsumsi makanan kaya bawang putih mengurangi berat dan lemak di tubuhnya. Demi memanfaatkan kandungan tersebut, usahakanlah memasak dengan bawang putih setiap hari.

3. Kulit gatal
Sebagai anti jamur, banyak orang yang percaya bawang putih bisa mengobati gatal pada kulit, seperti bagian kaki. Untuk meredakannya Rendam kaki dalam bak air hangat yang dicampur dengan rajangan bawang putih.

4. Mengobati jerawat
Bawang putih tentu bukan bahan utama dalam obat jerawat. Tapi, bawang putih mampu menjadi obat alami yang hebat untuk membuang noda yang tidak sedap dipandang mata.

Antioksidan di dalam bawang putih sanggup membunuh bakteri. Jadi, gosokkan saja siung bawang putih di atas jerawat untuk mendapatkan perawatan topikal yang efektif.

5. Cold sores
Cold sores adalah lepuhan-lepuhan kecil dan menyakitkan, dapat timbul di sekitar mulut, wajah atau hidung.
Sifat anti-inflamasi alami pada bawang putih dapat membantu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan. Penggunaannya adalah mengompres sedikit bawang putih yang telah dihancurkan ke bagian yang sakit.

Sumber: Nova.Id
Editor: Yudha

Banner-glory-point
BNN
evitel hotel
Berita lainnya :
 
 

facebook   twitter   rss   google plus
:: Versi Desktop ::
© Copyright 2016 batamtoday.com All Right Reserved
powered by: 2digit