logo batamtoday
Minggu, 16 Desember 2018


Ini 5 Cara Sederhana Membuat Tidur Lebih Nyenyak
Sabtu, 13-01-2018 | 10:50 WIB | Penulis: Redaksi
 
Ilustrasi.  

BATAMTODAY.COM, Batam - Tidur tampaknya memang jadi suatu kemewahan. Apalagi bagi mereka yang sulit tidur atau bahkan menderita insomnia. Bagaimanapun tidur begitu penting untuk mengembalikan tenaga, membuat tubuh rileks dan momen perbaikan sel-sel tubuh yang rusak.

Ada lima ritual sebelum orang beranjak ke kasur. Ritual-ritual ini diyakini ampuh membuat orang tertidur.

1. Mendengarkan musik

Musik bagi sebagian orang menjadi kawan dalam beragam aktivitas, termasuk saat akan tidur. Sebuah perusahaan, Sync Company mengembangkan musik sebagai 'obat'. Mereka mengukur bagaimana musik bisa mempengaruhi biometrik seperti detak jantung, aktivitas otak dan pola tidur.

Berkaitan dengan pola tidur, mereka membuat Unwind, yakni sebuah musik personal yang didesain untuk membuat seseorang tidur. Orang cukup mengakses unwind.syncproject.co untuk menikmati 'jahitan' nada yang rileks.

2. Jauhkan gadget sebelum tidur

Sebuah studi pada 2015 meneliti dampak penggunaan ponsel sebelum tidur. Riset yang digawangi Vodafone ini menemukan bahwa separuh warga Inggris tidur larut malam demi menonton video dan mengecek email.

"Gadget sebelum tidur, atau saat terbangun di malam hari, bisa menimbulkan rasa lelah yang disebabkan stres pekerjaan," kata Profesor John Groeger, direktur riset di Fakultas Psikologi, Universitas Hull dikutip dari Vogue.

Jadi, jauhkan gadget saat akan tidur dan letakkan di tempat sulit dijangkau agar tak tergoda untuk mengintip media sosial.

3. Mandi air hangat

Mandi air hangat membuat tubuh mencapai temperatur ideal untuk istirahat. Selain itu, mandi hangat juga membuat tubuh lebih rileks. Penggunaan sabun beraroma terapi juga membantu, misalnya aroma lavender.

4. Jauhi kafein

Kafein jadi ide buruk jika orang menginginkan pergi tidur dengan cepat. Ganti kopi dengan susu hangat. teh herbal juga bisa jadi pilihan jika tidak menyukai susu. Teh kamomil dipercaya membuat tubuh rileks berkat rasa dan aromanya.

5. Yoga

Saat gadget sudah jauh dari jangkauan, saatnya ada aktivitas lain sebelum tidur. Coba gerakan yoga sederhana sebagai pengantar tidur, misalnya peregangan untuk mengendurkan otot. Buku dengan konten ringan bisa juga sebagai pengganti gadget, asal bukan e-book. Demikian dilansir dari CNN Indonesia, Sabtu (13/1/2018).

Editor: Gokli

evitel hotel
Berita lainnya :
 
 

facebook   twitter   rss   google plus
:: Versi Desktop ::
© Copyright 2016 batamtoday.com All Right Reserved
powered by: 2digit