logo batamtoday
Sabtu, 21 April 2018
Cluster-Botania-Garden


Ini 5 Sambal Ikan Bakar Paling Enak untuk Pesta Tahun Baru
Sabtu, 30-12-2017 | 19:38 WIB | Penulis: Redaksi
 
Ikan Bakar Sambal Strawberry (Sumber foto: Dapur KOBE)  

BATAMTODAY.COm, Jakarta - Selain ayam, ikan bakar biasanya jadi pilihan sajian saat pesta bakar-bakaran jelang Tahun Baru 2018.

Namun biasanya, ikan bakar ini kurang lezat tanpa 'kawan seperjuangannya' alias makanan pendamping. Sedikit sensasi rasa pedas, manis, dan gurih dari sambal akan jadi pelengkap rasa ikan yang gurih dan bertekstur lembut ini.

Hanya saja, dari sekian banyak jenis sambal yang dikenal di Indonesia, ada beberapa sambal yang paling enak disajikan untuk ikan bakar. Berikut sambal-sambal paling enak untuk disantap bersama ikan bakar.

1. Sambal dabu-dabu
Sambal dabu-dabu yang berasal dari Manado ini memiliki sensasi rasa pedas yang unik. Campuran irisan tomat, cabai rawit, cabai merah keriting, dan irisan bawang merah membuat tekstur sambal ini sangat sesuai dengan tekstur daging ikan yang lembut.

Bayangkan bagaimana nikmatnya mengunyah daging ikan yang lembut dan gurih dengan paduan renyahnya irisan bawang dan cabai rawit. Apalagi dengan tambahan manisnya daging buah tomat.

Tak cuma itu, sambal dengan rasa segar dari perasan jeruk nipis ini juga meresap ke dalam daging ikan dan menguatkan rasa gurih ikan.

2. Sambal terasi
Sambal terasi bisa dikatakan sebagai sambal paling klasik dari semua jenis sambal. Tak cuma itu, sambal ini juga termasuk jenis sambal fleksibel. Artinya, sambal ini cocok dipadukan hampir semua jenis makanan.

Pada ikan bakar, sambal terasi ini akan memberikan sensasi rasa yang lebih unik. Tentu saja karena tambahan rasa terasi gurih di dalamnya.

3. Sambal limau
Sambal limau adalah sambal mentah yang dibuat dengan campuran cabai merah, cabai rawit, bawang putih. Sekilas terlihat biasa saja karena rasanya yang pasti pedas. Hanya saja, sambal ini akan memberikan sensasi rasa bawang putih yang cukup kuat.

Namun tambahan perasan jeruk limau dalam campuran sambalnya akan memberikan sebuah sensasi yang lain. Jeruk limau memiliki cita rasa yang berbeda dengan jeruk nipis.

Kombinasi jeruk limau yang aromatik akan berpadu sempurna dengan cabai pedas untuk jadi teman makan ikan bakar di pesta tahun baru Anda. Bagi Anda yang takut dengan aroma amis ikan, tambahan jeruk limau ini juga akan menutupi aroma amis ikan bakar.

4. Sambal kecap
Apa yang bisa mengalahkan sedapnya ikan bakar dengan tambahan manis gurih kecap?

Bayangkan bagaimana nikmatnya makan ikan bakar dengan 'lelehan' kecap manis yang sedikit terkaramelisasi karena terkena api bakaran. Tambahan irisan cabai dan juga tomat akan membuatnya makin mantap disantap.

5. Sambal matah
Sambal khas Bali yang satu ini tak cuma cocok disantap dengan ayam atau bebek. Sambal matah atau sambal mentah dalam bahasa Bali ini adalah sambal iris yang terdiri dari irisan cabai merah, cabai rawit, dan irisan serai.

Irisan batang serai dan siraman minyak panas di atas sambalnya akan membuat campuran ini jadi sedikit renyah dan matang. Minyak panas juga akan membuat rasa dari bahan irisan sedikit keluar.

Saat sambal matah ini disiramkan ke atas daging ikan bakar, baluran minyak sambal matah akan mengalir ke daging ikan sehingga memberikan rasa gurih yang makin 'menggila.'

Tak cuma itu, minyak sambal matah ini juga akan membuat daging ikan jadi terasa lebih lembap dan tak seret.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Udin

Banner-glory-point
evitel hotel
Berita lainnya :
 
 

facebook   twitter   rss   google plus
:: Versi Desktop ::
© Copyright 2016 batamtoday.com All Right Reserved
powered by: 2digit